AKREDITASI BAN-PT | DEFINISI, KEUNTUNGAN DAN SYARAT

PENGERTIAN AKREDITASI BAN-PT MULAI DARI DEFINISI, KEUNTUNGAN, DAN SYARAT MENDAPAT SURAT KETERANGAN AKREDITASI BAN-PT

 AKREDITASI BAN-PT

Hai smart people! Kali ini kita akan membahas mengenai akreditasi BAN-PT instansi pendidikan khususnya Universitas atau Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Smart people, pertama-tama kita sepakati terlebih dahulu pengertian akreditasi sebelum membahas yang lebih mendalam. Berdasarkan kbbi, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Nah, mengapa Universitas atau Perguruan Tinggi pada berlomba-lomba memperolah akreditasi dari BAN-PT? Apa sebenarnya keuntungan yang diperoleh? (*BAN-PT adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Universitas atau Perguruan Tinggi yang telah mengajukan akreditasi ke BAN-PT melalui berbagai syarat akan diproses terlebih dahulu dengan berbagai penilaian standard dari BAN-PT sebelum mengeluarkan nilai akreditasi. Penilaian ini berdasarkan pada kelayakan program pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi.

Berbagai keuntungan yang didapatkan pihak kampus yang terakreditasi oleh BAN-PT (semakin tinggi nilainya semakin baik) antara lain mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme. Pastinya hal ini juga akan berdampak ke mahasiswa universitas tersebut yaitu lulusan universitas yang mempunyai akreditasi A atau B dapat mendorong mereka dalam hal jenjang karir yang lebih tinggi bahkan untuk melanjutkan masa studi magister (S2) maupun doktor (S3).

 

CARA MENGAJUKAN SURAT KETERANGAN AKREDITASI DARI BAN-PT UNTUK CALON CPNS

 

Bagi seluruh alumni maupun mahasiswa tingkat akhir yang sedang memasuki dunia karir pastinya akreditasi BAN-PT sangat mempengaruhi penilaian instansi perusahaan untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Saat ini masyarakat Indonesia yang berada di rentang usia 18-35 tahun sedang gencar-gencarnya mencari informasi mengenai lowongan kerja cpns 2018. Salah satu syarat yang dikeluarkan dari berbagai info online yaitu melampirkan “surat keterangan akreditasi dari BAN-PT”.

Smart people, sebenarnya yang dapat mengajukan akreditasi BAN-PT adalah pihak institusi pendidikan bukan atas nama perorangan (individu). Sehingga bagi pendaftar cpns 2018 tidak perlu khawatir, kalian cukup datang ke Universitas/Perguruan Tinggi yang terkait untuk meminta salinan atau fotocopy surat keterangan akreditasi BAN-PT kemudian akan distempel untuk pengesahan yang menunjukkan bahwa surat tersebut benar berasal dari Universitas atau Perguruan Tinggi yang terkait.

Tentang “Indonesia Smartcloud”:

Indonesia Smartcloud adalah produk layanan PT Solusi Awan Cerdas Indonesia (PT SACI), berupa solusi IT dalam bentuk Management Information System (MIS) berbasis CLOUD untuk dunia pendidikan. PT SACI adalah perusahaan swasta murni yang bergerak dibidang SaaS (Software as a Services). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website: www.smartcloud.id.

Tidak semua fitur layanan dari Indonesia smartcloud kami sebutkan didalam press release ini. Para pengguna layanan Indonesia Smartcloud yang sudah berlangganan baik ISCA maupun ISCS dan ingin memperoleh informasi terakhir tentang produk dan layanan kami, silahkan kontak dan hubungi kami di No.:

+628576351120 (Nena)

+6287851097761 (Customer Service)

+6287851097759 (Kantor)

email: mail@smartcloud.id

 

PT Solusi Awan Cerdas Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta, dan kantor cabang sekaligus sebagai pusat R&D berada di Surabaya.

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *