Perbedaan Aplikasi dan Sistem

Perbedaan Aplikasi dan Sistem

Perbedaan aplikasi dan sistem

Smart People, apakah kalian memahami perbedaan aplikasi dan sistem? Atau kalian menganggap bahwa aplikasi itu sistem dan sistem itu aplikasi? Coba jawab pertanyaan ini, apakah kalkulator merupakan sebuah sistem atau aplikasi?

Sebelumnya, mari kita bahas mengenai hal mendasar yang menunjukkan apakah sistem itu berbeda dengan aplikasi atau bahkan sistem sama dengan aplikasi.

Menurut KBBI, sistem merupakan perangkat unsur secara teratur saling berkaitan berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.  Sedangkan aplikasi merupakan perangkat lunak berupa sebuah program yang dapat mengolah data menjadi suatu bentuk informasi.

Dari penjelasan tersebut apakah sistem masih dapat dikatakan aplikasi? Smart people, sistem dan aplikasi merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan Aplikasi dan Sistem yang paling dapat dipahami yaitu aplikasi tidak saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan. Sedangkan sistem suatu hal yang dibuat dari perangkat-perangkat yang saling bekerja sama berdasarkan prosedur.

Bagaimana dengan kalkulator? Bukankah kalkulator mengolah berbagai rumus yang saling bekerja sama (misal perkalian dan pembagian) untuk menghasilkan sebuah informasi penghitungan?

Smart people, memang benar di dalam kalkulator terdapat ribuan rumus yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah informasi hasil penghitungan. Namun, kalkulator tidak dapat dikatakan sebuah sistem melainkan kalkulator merupakan salah satu contoh aplikasi. Kalkulator hanya mampu mengolah angka yang di masukkan oleh user dan memprosesnya sesuai dengan perintah (perkalian, penjumlahan, pengurangan, dll). Kalkulator hanya mengolah input, tidak bekerja sama dengan sistem maupun aplikasi manapun.

Hal tersebut berbeda dengan sistem operasi komputer (OS atau Operating System). Sistem Operasi pada komputer merupakan salah satu contoh dari sistem yang melakukan perintah-perintah penting dalam komputer. Sistem Operasi akan bekerja sama dalam menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan. Sistem Operasi mewadahi aplikasi-aplikasi dalam komputer untuk dapat menggunakan memori dan mempunyai hak untuk mengakses file dalam sistem. Sistem Operasi akan bekerja sama dengan seluruh aplikasi dalam komputer. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi akan mengatur jadwal yang tepat sehingga sebisa mungkin mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu aplikasi yang lain.

Nah, bagaimana dengan Perguruan Tinggi yang mengatakan bahwa mereka memiliki sistem bukan sebuah aplikasi? Apabila Perguruan Tinggi hanya mempunyai satu sistem informasi manajemen yang mencakup keseluruhan kebutuhan operasional akademik, maka dapat dikatakan bahwa hal tersebut benar-benar dapat dikatakan sistem. Namun apabila Perguruan Tinggi memiliki beberapa sistem informasi manajemen seperti SIM Akademik, SIM Keuangan, SIM Beasiswa, dan SIM lainnya, maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebuah sistem namun aplikasi.

Masih bingung mengapa dalam Perguruan Tinggi dapat dikatakan sistem apabila hanya mempunyai satu SIM? Smart people, kita akan bahas untuk artikel selanjutnya ya..

Tentang “Indonesia Smartcloud”:

Indonesia Smartcloud adalah produk layanan PT Solusi Awan Cerdas Indonesia (PT SACI), berupa solusi IT dalam bentuk Management Information System (MIS) berbasis CLOUD untuk dunia pendidikan. PT SACI adalah perusahaan swasta murni yang bergerak dibidang SaaS (Software as a Services). Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website: www.smartcloud.id.

Tidak semua fitur layanan dari Indonesia smartcloud kami sebutkan didalam press release ini. Para pengguna layanan Indonesia Smartcloud yang sudah berlangganan baik ISCA maupun ISCS dan ingin memperoleh informasi terakhir tentang produk dan layanan kami, silahkan kontak dan hubungi kami di No.:

+628576351120 (Nena)

+6287851097761 (Customer Service)

+6287851097759 (Kantor)

email: mail@smartcloud.id 

PT Solusi Awan Cerdas Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta, dan kantor cabang sekaligus sebagai pusat R&D berada di Surabaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *